Menyayangi Diri Sendiri

Masih tentang cerita jalanan. Bagi kita, mungkin sudah biasa melihat angkutan umum yang ugal-ugalan. Jangankan angkutan umum, kendaraan pribadi saja masih ada yang ugal-ugalan. Namun, dampak angkutan umum akan lebih besar karena membawa banyak penumpang. Yang menjadi kasihan adalah penumpangnya, mereka mungkin merasa tidak nyaman berada dalam angkutan umum yang ugal-ugalan. Ingat, yang dibawa bukan barang, tapi makhluk bernyawa.

Kalau kita naik bis kota, mungkin sudah biasa bagi kondektur untuk mondar-mandir. Tapi, kalau bis kota kelas ekonomi, kondekturnya sering berdiri di pintu. Padahal, itu sangat membahayakan dirinya. Apa mereka—-kondektur—-tidak menyayangi diri mereka sendiri? Bagaimana kalau sampai terjadi sesuatu yang mencelakakan mereka?

Sama halnya bagi pengendara kendaraan pribadi. Apalagi bagi pengendara sepeda motor. Ada saja pengendara sepeda motor yang tidak lirik kiri-kanan ketika akan belok atau menyeberang. Ini kan membahayakan dirinya sendiri. Meski pengendara lain akan berhenti ketika melihatnya. Tapi, setidaknya harus berhati-hati. Sayangilah diri sendiri. Bagaimana kalau sampai terjadi hal yang mencelakakan? Tentu tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain.

Kadang kita sering khilaf bahwa yang pertama harus kita sayangi adalah diri kita sendiri. Menyayangi diri sendiri berarti kita peduli dengan apa yang akan terjadi pada diri kita sendiri. Tidak hanya saat berkendara saja, tapi juga urusan kesehatan, kehidupan, dll. Ingat, menyayangi diri sendiri beda dengan mengasihani diri sendiri.

One thought on “Menyayangi Diri Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s