Bertemu Orang Filipina?

Sewaktu saya duduk-duduk sambil browsing, tiba-tiba ada seseorang yang datang menghampiri. Tanpa menyapa dan tanpa basa-basi, dia langsung menyodorkan secarik kertas yang ber-stempel-kan sebuah yayasan. Di dalam kertas itu tertulis nama dan besar sumbangan. Saya menduga bahwa perempuan ini sedang menghimpun sumbangan.

Sewaktu saya jelaskan perihal pemungutan sumbangan secara resmi, bahwa ia harus melapor dulu kepada pihak yang berkepentingan agar ia dapat legalisasi untuk menarik sumbangan. Ternyata kemudian, dengan setengah berbahasa isyarat dan kalimat yang patah-patah ia berkata kepada saya, “Maaf, bisa berbicara dalam bahasa Indonesia yang baku? Saya dari Filipina.”

Saya pikir saya sudah berbicara bahasa Indonesia tadi. Tapi, kenapa dia minta saya berbahasa Indonesia, sedangkan ia bilang berasal dari Filipina?. Ya sudah, saya jawab dengan bahasa Inggris (sekenanya) perihal alasan-alasan tadi. Intinya, kalau memang dia berasal dari yayasan resmi, ya sebaiknya ia melapor dulu, agar sama-sama enak.

Dan saya sempat bertanya kepadanya, “Are you sure from Philipines?”. Padahal, saya tidak melihat gurat wajah Filipina sedikit pun darinya (wajahnya Indonesia banget!). Setelah saya ajak ngalor-ngidul, karena memang saya pun merasa ada yang tidak beres, akhirnya dia merasa tidak nyaman juga. Ia langsung mengambil kertas yang telah dia beri dan pergi.

Kemudian, saya tanya kepada orang yang duduk sebelah saya, “Apa benar dia dari Filipina?” lalu dia jawab, “Sudah sering mas orang yang begitu, ngaku dari Filipina untuk narik sumbangan…”. Weleeh-weleeh.. Orang Filipina gadungan toh.

5 thoughts on “Bertemu Orang Filipina?

  1. gadgetboi

    modus baru nih ckckck … tapi memang orang filipina itu mirip dengan kita sih. malahan saya lebih bisa ngebedain orang malaysia dengan orang indonesia daripada filipina:mrgreen:

    Reply
  2. marlia

    Hehe, modus penipuan baru nih.. Hmm, gawat juga ya kalo yg banyak kayak gini, orang2 jd bakal antipati sama yg minta sumbangan. Padahal kan ga semua berniat nipu..

    Reply
  3. hidausagi

    ehh.. tapi gak juga loh.. orang filipina atau thailand ada juga yang mukanya indonesia banget. di kampus saya ada beberapa teman dari thailand, dan sekilas kalo berbaur gak keliatan kalo mereka orang thailand, maklum, thailandnya bagian selatan.
    lagian, sekarang mereka udah mulai pinter bahasa jawa.. heheheh..

    Reply

Leave a Reply

