Pelanggaran Bisa Terjadi Karena … Infrastuktur

Sewaktu saya dan keluarga sedang dalam perjalanan pulang dari Jepara ke Kudus, kami tahu bahwa adzan maghrib akan tiba sebelum kami tiba di rumah. Maka, kami merencanakan untuk shalat maghrib di Masjid Menara Kudus saja, sekalian melihat-lihat suasana baru di sana. Meskipun agak sedikit terlambat. Ternyata, saat kami tiba di lokasi masjid, kondisinya agak padat. Maklum, suasana liburan, ditambah lagi akses jalannya kecil, jadi terlihat semakin padat.

Belum lagi dengan sulitnya mencari tempat parkir. Area di sekitar masjid ini sangat terbatas, kendaraan tidak boleh parkir di depan masjid. Tapi malah banyak yang berjualan di situ. Sudah jalannya kecil, jadi tambah macet. Melihat gerak-gerik mobil kami yang seperti mencari parkir, langsung saja tukang parkir memandu kami. Tukang parkir tidak resmi tentunya. Tarifnya juga sampai lima ribu perak! Ya sudah, apa boleh buat.

Padahal sebenarnya ini adalah pelanggaran. Menarik retribusi di atas ketentuan dan memarkirkan mobil di pinggir jalan. Hadoh.. Inilah dilemanya, mau parkir di tempat yang seharusnya juga terlalu jauh, malah saya pikir tidak ada tempat parkir khususnya. Ya sudah kami memarkirkan mobil di pinggir jalan saja. Lagipula, banyak mobil yang diparkir di situ juga (pembenaran..).

Saya jadi berpikir, mengapa masjid yang merupakan objek wisata ini juga tidak memiliki infrastruktur yang baik dalam penataan kawasannya. Parkir sulit, pengunjung banyak, pedagang tidak tertata, dsb. Mau tidak mau, pengunjung juga akan kesulitan untuk disiplin. Mau disiplin juga tidak didukung oleh infrastruktur, ya terjadilah pelanggaran.

Nah, saya jadi berpikir (lagi), ternyata ada satu lagi penyebab seseorang melakukan pelanggaran. Disamping keterdesakan, moralitas, sistem, dan kesempatan… yaitu infrastruktur! Kasus ini tidak hanya terjadi pada pengalaman saya saja, tapi juga berlaku untuk banyak hal. Infrastruktur ini tidak selalu terkait dengan bangunan fisik yang besar, tapi lebih mengarah kepada kondisi fisik yang kurang mendukung ke arah penegakkan disiplin. Bisa jadi, sebenarnya kita ingin sekali disiplin, tapi dipersulit oleh masalah infrastruktur.

Manusia hanya bisa berencana dan berusaha (untuk disiplin), tapi manusia lain juga yang menggagalkan. —Anonim

3 thoughts on “Pelanggaran Bisa Terjadi Karena … Infrastuktur

    1. Rizal Dwi Prayogo Post author

      Ya, bisa jadi, gan. Karena mungkin insinyur sipil ga terlibat dalam pembuatan infrasruktrur yang kecil. Bisa jadi jg infrastukturnya udh ky begitu dari sono-nya, jd susah diubah lagi..

      Haha, meni sensitif sama kata “infrastruktur” teh..

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s