Perjalanan Ini …

Dari pengalaman, saya lebih suka menggunakan mobil atau bis jika harus bepergian jauh. Meskipun tidak lebih efisien daripada kereta api, tapi saya cenderung lebih sreg. Memang, menggunakan kereta api juga nyaman, terlebih lagi kereta api bebas macet. Tapi, justru menurut saya perjalanan dengan kereta api itu membosankan. Pemandangannya hanya sawah dan rumah saja. Hanya warna hijau dan oranye (warna genting rumah) yang mendominasi.

Lain halnya jika menggunakan mobil atau bis. Menariknya, kita bisa melihat-lihat kota/kabupaten yang kita lewati. Tidak hanya warna hijau dan oranye saja, tapi lebih beragam. Disinilah menariknya, bisa melihat hal-hal baru yang dinamis. Apalagi jika memasuki kota-kota besar. Kita akan banyak belajar dari kehidupan dan budaya lokal kota tersebut.

Saya juga pernah punya pengalaman melakukan perjalanan malam, kalau menggunakan mobil atau bis, saya masih bisa melihat-lihat daerah yang saya lewati. Dalam artian, gemerlapnya terlihat. Lain halnya dengan menggunakan kereta api. Saya pernah menggunakan jasa kereta api dari Surabaya ke Bandung pada malam hari, sangat membosankan! Tidak ada pemandangan yang bisa saya lihat di sekeliling saya.

Ya itu tadi, karena kereta api lebih banyak melewati sawah-sawah jadi tidak ada penerangan luar saat malam hari. Hanya lampu yang menyala di dalam gerbong kereta. Ya sudah, yang dilakukan hanya membaca, ngemil, menulis, bengong, dan tidur. Begitulah siklusnya. Beda halnya dengan menggunakan mobil atau bis. Kita bisa turun di tengah-tengah perjalanan kalau merasa bosan.

Tentu saja cerita perjalanan saya ini tidak berlaku bagi mereka yang bergelut dengan waktu, yaitu mereka yang sangat memerhatikan kecepatan dan ketepatan waktu. Yah, ini hanya sekedar cerita perjalanan yang tidak diburu oleh waktu.

Leave a Reply

