Dominasi Internet

Sekarang mau apa-apa, sistem menyediakan fasilitas online. Sudah bukan masanya lagi kita menggunakan kertas. Semua serba di-online-kan. Adakalanya fasilitas tersebut memberi kemudahan. Tapi, kadang juga malah menjadi rumit. Orang yang biasanya jarang bersentuhan dengan internet, mau tidak mau harus bisa menguasai. Di satu sisi, ini merupakan hal yang positif. “Memaksa” orang untuk bisa melek teknologi.

Barangkali tujuannya ingin mereduksi pemakaian kertas (paperless). Tapi, sistem online juga bukan tanpa kekurangan. Jika sedang jam sibuk, server bisa saja jadi lambat. Sehingga malah membuat pengguna menjadi kesulitan. Belum lagi dengan masalah user interface yang tidak user friendly. Bisa jadi, pengerjaan secara manual (tanpa internet) akan lebih mudah dan lebih murah juga tentunya.

Ya, inilah konsekuensinya. Mau tidak mau, kita harus mengakrabi teknologi internet. Tapi, yang jadi ketidaknyamanan adalah ketika teknologi (sistem) tersebut tidak menunjang apa yang kita inginkan. Inginnya mudah, malah jadi (diper)sulit. Semoga tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s