Kedatangan Mahasiswa Jepang (2)

Tadi pagi, mata kuliah Introduction to Computational Science resmi menjadi kelas internasional semenjak kedatangan mahasiswa asal Universitas Kanazawa. Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, mereka memang mengambil mata kuliah juga disini. Tapi, sepertinya agenda mereka lebih banyak ke agenda non-kuliahnya, hehe.. Maklum, dalam daftar time table-nya mereka, jadwal kuliah hanya beberapa slot waktu saja.

Hmmm, begini ternyata wajah-wajah orang Jepang. Begitu kesan saya sewaktu masuk kelas dan melihat mereka dengan gayanya masing-masing. Tapi, kalau diperhatikan, sepertinya mereka agak malu-malu. Tapi cukup terbuka ketika diajak berdialog. Tapi saya belum belajar banyak mengenai apa yang diceritakan orang-orang tentang karakter orang Jepang yang prinsipal itu. Maklum, baru saja bertemu.

Ya, hitung-hitung sebagai visualisasi awal mengikuti kelas internasional sebelum mengikuti kelas internasional “sesungguhnya”, insya Allah. Bertemu dengan banyak orang yang berbeda untuk benar-benar mengenal mereka. Tentu saja, ini akan membuka wawasan kita, agar kita juga dapat berpikir secara open-minded.

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal…” Q.S Al-Hujurat[49]: 13

@rizaldwiprayogo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s