Pena Telah Menumpul?

Entah tidak terhitung sudah berapa lama saya tidak menulis untuk media massa (lihat arsip ini atau ini). Belakangan ini, saya merasa agak terkendala untuk menulis opini tentang permasalahan yang ada di sekeliling kita saat ini. Selain sudah jarang menonton berita TV, koran pun hanya dibaca sekilas. Tidak sempat untuk membuat analisis sendiri. Maklum, kini prioritas saya lebih ke urusan akademik dan pekerjaan. Sedangkan untuk menulis opini, diperlukan banyak data yang akurat. Kemudian saya analisis dan segera menuliskannya.

Menulis itu memang tidak mudah, apalagi menulis opini. Karena tulisan kita itu akan dibaca oleh banyak orang. Jika ada data yang kurang tepat dan analisis yang ngawur, bisa-bisa nanti terjadi kesalahpahaman. Atau jika opini kita tidak sesuai dengan fakta di lapangan, nanti tulisan tersebut berstatus fitnah. Maka, daripada saya menulis opini, lebih baik saya menulis tentang cerita saja atau pengalaman.

Nampaknya, sekarang harus kembali menyimak berita-berita aktual dan membaca banyak buku untuk kembali mengasah analisis dan menajamkan pena. Pemikiran harus tetap tersampaikan. Mudah-mudahan nanti ada saatnya saya kembali menulis untuk media massa, karena ternyata saya juga memiliki minat dalam bidang jurnalistik, selain akademisi.

Leave a Reply

