Kemampuan Belajar (Cepat)

Sebenarnya, proses belajar itu tidak berhenti ketika kita sudah menamatkan sekolah. Ada juga mungkin yang berpikir bahwa ketika berhasil menamatkan sekolah, berarti ia sudah terbebas dari proses belajar. Namun, ternyata tidak. Bahkan, ketika ia masuk ke lingkungan kerja sekalipun. Justru malah ia dituntut untuk bisa belajar cepat. Belajar cepat untuk menguasai bidang yang ia geluti, hingga belajar cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Justru, proses belajar yang kita lakukan pada jenjang institusi “belum ada apa-apanya”, karena sudah terstruktur oleh kurikulum dan ada yang mengajarkan, sedangkan proses belajar pada dunia kerja tidak demikian. Bahkan, kita harus belajar sendiri (tanpa ada pengajar) dan harus dilakukan secara cepat. Nilai itulah yang (seharusnya) sudah kita biasakan semenjak duduk di bangku sekolah.

Karena memang belajar itu adalah tugas sepanjang hayat. Dalam hidup, tidak ada kata terlalu tua untuk belajar dan tidak ada kata terlalu muda untuk tahu banyak hal. Mari belajar (terus).

4 thoughts on “Kemampuan Belajar (Cepat)

  1. hendragalus

    naah…stuju mas.. justru ketika kita masuk dalam dunia kerja, belajarnya makin sulit. mengapa?? karna kita dituntut untuk lebih fleksibel dan kreativ. padahal, dalam sekolah formal, aspek ini sering dikesampingkan. (ini juga menurut yg saya dapatkan dari guru” saya).

    Reply
  2. mubarok

    Kalo buat saya di dunia kerja itu kegiatan belajar (dan mengajar mungkin??) lebih ke arah inisiatif individu. Kalau saat sekolah dan kuliah, hampir bisa dipastikan kita mendapat porsi ajaran yang sama.

    Tetapi ketika kita bekerja, setiap orang tidak dituntut (secara formal) untuk belajar, cuma inisiatif dan keinginan individu saja untuk belajar. Disinilah nanti akan terseleksi antara karyawan yang satu dengan yang lain. Biasanya sih karyawan yang inisiatif individunya kuat cepat adaptasi dan cepat juga dapat promosi..

    Reply
    1. Rizal Dwi Prayogo Post author

      Ya, setuju mas/pak. Kalau menurut kata orang, “Saat belajar itu kita masih diperbolehkan untuk salah”. Tapi, saat sudah bekerja, kita tidak boleh lagi salah dan harus bisa belajar dalam kondisi apa saja.

      Thx atas masukannya🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s