Banyak Berspekulasi

Mumpung isu reshuffle masih hangat. Tidak bisa tidak, pasti selalu ada saja kontroversi dibalik pengambilan keputusan. Entah itu sikap skeptis, ketidaksetujuan, ataupun komentar pedas. Spekulasi pun bermunculan terkait dengan kinerja ke depan dari menteri yang bersangkutan. Padahal, antara spekulasi dan kenyataan di lapangan tidak pernah selalu cocok.

Inilah yang ingin saya soroti: spekulasi. Kebanyakan dari kita akan lebih mudah mengeluarkan komentar ketimbang menjalaninya. Berkomentar itu memang mudah. Namun, komentar yang tanpa didasari dengan ilmu tentu akan menjadi bumerang bagi komentator tersebut. Dan pada akhirnya, seringkali terjadi ketidakcocokan apa yang dispekulasikan dengan kenyataan yang terjadi.

Barangkali tidak masalah bagi para pakar, karena mereka sudah memiliki ilmu dan pengalaman dalam bidangnya. Namun, ini menjadi masalah jika terjadi pada orang awam (masyarakat biasa). Pada dasarnya, masyarakat  terbiasa mendapat informasi melalu media. Tentu saja, masyarakat mendapat pengetahuan berdasarkan apa yang disampaikan media. Maka, apa yang dispekulasikan pun tidak akan jauh dari yang disampaikan media. Khawatirnya, spekulasi yang dilontarkan akan bernada prasangka.

Beda halnya dengan para pakar, mereka tentu saja melakukan studi lanjut. Dan spekulasi yang disampaikan pun pasti memiliki dasarnya. Terlepas dari kesamaan opini publik. Pada intinya, jangan banyak berspekulasi jika kita tidak memiliki ilmu tentangnya. Karena boleh jadi, spekulasi kita sangat jauh berbeda dengan kenyataannya. Biarlah proses berjalan terlebih dahulu, baru kemudian kita koreksi kekurangan dan apresiasi kelebihannya.

#(KBBI) spekulasi  (n): pendapat atau dugaan yang tidak berdasarkan kenyataan; tindakan yang bersifat untung-untungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s