Tuntutan Jenjang Pendidikan

Begitu merasakan dan menjalani perkuliahan di S2 ini, saya merasa bahwa tingkat S1 “belumlah ada apa-apanya”. Karena saya merasa, apa yang telah diajarkan di S1 hanya sekedar menjelaskan how to nya saja, meskipun ada beberapa yang fokus juga dalam hal teori (Why). Tapi, S1 dan S2 itu memang tidak bisa disamakan, karena tuntutannya pun sudah berbeda. Jika di S1, mendapatkan nilai akhir yang baik saja sudah cukup menjadi parameter kesuksesan, tapi beda halnya dengan S2.

Di S2 ini, kita tidak hanya mendapat ilmu how to nya saja, tapi juga why. Kita juga mempelajari konsep-konsep hingga ke yang paling mendasar. Intinya, pembelajaran di S2 ini lebih komprehensif. Kita bisa mengatakan bahwa untuk hal teknis, lulusan S1 sudah bisa diandalkan. Namun, kadang pengetahuan teknis tidak selalu berimbang dengan pengetahuan konsep. Malah banyak juga orang yang tahu teknis tapi tidak paham konsepnya.

Kembali ke masalah tuntutan tadi. Bisa dibilang, tuntutan S1 adalah urusan karir. Sebagian besar lowongan pekerjaan mensyaratkan lulusan S1 sebagai kualifikasi dasarnya. Adapun lulusan S2 yang ikut melamar kerja dianggap sebagai fresh graduate yang hampir setara dengan S1. Terkecuali bagi mereka yang ingin merintis karir menjadi akademisi. Melanjutkan sekolah adalah suatu kebutuhan.

Namun, ada beberapa posisi di perusahaan juga yang memerlukan spesifikasi lebih lanjut, yang mensyaratkan jenjang S2 sebagai kualifikasi dasarnya. Dan tentunya, pengalaman dalam bidang yang akan digelutinya. Kembali lagi, tuntutan dalam tiap jenjang pendidikan itu tidak selalu sama, tergantung dari kebutuhan masing-masing. Tapi, benang merah dari setiap jenjang itu adalah bagaimana kita dapat memahami ilmu secara komprehensif. Urusan selanjutnya, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan (tuntutan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s