(Jangan) Overdosis dalam Berolahraga

Hari Sabtu dan Minggu kemarin adalah hari yang melelahkan untuk saya, karena ada jadwal futsal yang saling beriringan. Pegal-pegalnya masih terasa hingga hari ini. Futsal pertama berlangsung hari Sabtu pagi, yaitu antar teman-teman S2 dan Oppinet. Setelah diundur satu minggu, akhirnya didapatlah jadwal yang kosong pada waktu tersebut.

Kemudian, malam harinya adalah jadwal futsal dengan teman-teman alumni Matematika 2006. Berhubung keesokan harinya (Minggu) ada acara DIES Himpunan, jadi futsal malam tersebut kami maksudkan sebagai acara konsolidasi awal sebelum hari-H. Alhasil, saya tidak bisa bermain maksimal malam itu, karena masih merasa capek setelah futsal pagi harinya.

Dan memang kesalahan pun saya lakukan, saya tidak melakukan pemanasan dengan benar. Karena sudah dua minggu saya tidak bermain futsal, maka saya ingin cepat-cepat turun ke lapangan. Dua jadwal futsal di atas memanglah bukan jadwal rutin, maklum para pemainnya pun sudah punya jadwal masing-masing. Yah, hitung-hitung sebagai acara silaturahim saja.

Yang menjadi jadwal futsal rutin adalah yang di hari Minggu pagi bersama teman-teman satu SMA saya dulu. Maka, langsung saja tiga jadwal futsal saya ikuti: Sabtu pagi, Sabtu malam, dan Minggu pagi, meskipun tidak bisa bermain maksimal. Ternyata, kurang bagus juga melakukan olahraga secara berlebihan (overdosis). Dampaknya adalah badan kita terasa capek-capek tidak karuan. Inginnya sehat malah tepar.

Leave a Reply

