Bekerja Paralel

Manusia memang lebih cerdas ketimbang komputer, tapi salah satu kelebihan komputer adalah dia (komputer) tidak terpengaruh perasaan dalam bekerja. Komputer mampu bekerja secara paralel dalam satu waktu dan bisa menyelesaikan beberapa tugas secara bersamaan (multitasking). Manusia juga sebenarnya bisa juga bekerja secara paralel, tapi ya itu tadi, manusia bisa terpengaruh oleh perasaan (mood) yang membuat dia bisa atau tidak bekerja secara paralel.

Dalam batas tertentu, komputer masih sanggup melakukan fungsi paralel: kalkulasi, running program, wordprocessor, grafik, … dst; kesemua itu dilakukan dalam satu waktu. Manusia ada juga yang bisa multitasking seperti itu: memasak, sambil menggendong anak, menonton televisi, mendengar musik; kesemua ini juga dilakukan sekaligus. Tapi, ada juga orang yang ingin fokus saja dalam satu pekerjaan sebelum pekerjaan itu selesai.

Tapi, kerugiannya adalah dia akan kehilangan waktu. Di lain pihak, dia akan lebih fokus dan bisa mendalami pekerjaan tertentu. Ini bagusnya jika diterapkan dalam hal belajar. Belajar baiknya dilakukan tahap demi tahap, pelan-pelan, dan fokus. Tidak melompat-lompat materi sehingga menjadi kehilangan pemahaman. Meskipun akan mengambil porsi waktu lebih banyak.

Jika ingin bekerja secara paralel, baiknya diterapkan pada hal-hal yang sederhana. Misalnya menjalankan hobi sambil mendengarkan siaran radio, dan menulis hal-hal yang ringan. Ditambah juga sambil mendengarkan musik, atau mungkin sambil makan cemilan. Ini bentuk pekerjaan yang dilakukan secara paralel yang masih sederhana. Bagi orang yang memiliki multitasking, barangkali bisa melakukan hal-hal yang serius secara bersamaan dalam satu waktu, tentu juga bisa membuat hasil yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s