Fokus Meningkatkan Kelebihan

Dalam proses belajar, tentunya kita mau apa yang kita pelajari bisa langsung kita kuasai. Setiap menemui hal-hal baru, kita ingin cepat menguasainya. Belajar ini-itu, kesana-kemari, hanya untuk memenuhi hasrat keingintahuan kita. Namun sayangnya, kemampuan manusia itu terbatas, ada hal yang memang bisa dikuasai, tapi ada sebagian lainnya yang sepertinya kita harus “berbagi tugas” dengan orang lain.

Keingintahuan kita memang boleh jadi tinggi. Tapi, kita juga harus ingat dimana letak dan sejauh mana kemampuan kita. Jangan sampai hal yang menyita rasa ingin tahu tersebut malah membuat kita tidak fokus pada kelebihan yang masih bisa dikembangkan lagi. Kita terlena pada hal yang menjadi “bagian” orang lain, lalu kemudian kita lupa pada apa yang menjadi “bagian” kita.

Memang tampaknya menguasai segala hal itu amat mengesankan. Tapi ingat, kita tidak pernah benar-benar menguasai segala hal. Yang ada hanyalah kita menguasai banyak hal dengan persentase yang sedikit. Ibaratnya kita mencangkul banyak lubang tapi tidak dalam, sehingga tidak bisa ditanami. Lebih baik, kita menggali satu lubang saja tapi cukup untuk ditanami.

Saya pernah merasakan bagaimana rasanya tidak fokus itu. Ingin mencoba banyak hal, dengan harapan saya bisa banyak hal. Tapi, kemudian saya sadar bahwa saya memang tidak bisa multi-talenta, rasanya seperti teu puguh. Kesana-kemari tapi tidak benar-benar mendapatkan kesimpulan yang bulat. Inginnya memperbaiki kelemahan dalam beberapa hal, malah melupakan kelebihan yang lain. Harus ada satu fokus tertentu yang saya tekuni secara serius.

Maka, jika diberi pilihan: memperbaiki kelemahan atau meningkatkan kelebihan? Pilihlah meningkatkan kelebihan dengan penuh keyakinan. Karena jika kita terus fokus untuk memperbaiki kelemahan, kita hanya akan menjadi orang rata-rata dan tidak fokus. Tapi, jika meningkatkan kelebihan, kita akan memiliki satu ciri khas kuat dan itu akan membuat kita lebih fokus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s