Administrasi (Birokrasi) Bikin Ribet

Apa-apa yang terkait dengan urusan administrasi selalu bikin ribet. Harus ada ini, harus ada itu, harus kesini dulu, harus kesana dulu. Begitu kaku dan terstruktur. Tadi pagi saya mengurus perpanjangan STNK motor, karena sudah lima tahun jadi harus dicek fisik terlebih dahulu. Untuk cek fisik, saya harus membuka sebagian bodi motor saya. Dan ternyata, setelah di depan petugas, skrup-nya tidak bisa dibuka karena sudah aus. Padahal sudah mengantre. Maka saya harus ke bengkel dulu untuk membuka skrup itu.

Setelah bisa dibuka, saya antre lagi dari belakang hanya karena secuil skrup. Baru kemudian motor saya bisa dicek fisik untuk didata nomor rangkanya. Lalu, saya melanjutkan antrean ke bagian lainnya. Beberapa waktu lalu juga saya mengurus SIM. Sama saja ribetnya kalau mengurus administrasi dan yang berhubungan dengan birokrasi. Itulah mengapa, (banyak?) orang alergi dengan birokrasi. Kesannya ribet dan (maaf) rawan kecurangan.

birokrasi n 1 sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai bayaran yang tidak dipilih oleh rakyat; 2 cara pemerintahan yang sangat dikuasai oleh pegawai negeri; 3 cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban serta menurut aturan (adat dsb) yang banyak liku-likunya dsb.

Berdasarkan definisi KBBI di atas, saya lebih setuju pada poin ketiga. Padahal, konsumen inginnya serba cepat dilayani dan mudah. Oops, tapi untuk urusan birokrasi nampaknya kita harus punya kesabaran lebih, karena prosedur telah ditetapkan dan menyangkut kepentingan banyak orang. Karena itu juga, birokrasi ini menjadi rawan dengan perilaku kecurangan dan korupsi. Salah satu indikator Indeks Persepsi Korupsi adalah pelayanan publik. Pelayanan publik inilah yang berada dalam lingkup birokrasi.

Jadi, apakah urusan administrasi dan birokrasi itu harus selalu bikin ribet? Suatu saat, mungkin keribetan ini bisa diminimalisasi dengan pengadaan sistem online? Sehingga orang tidak perlu datang secara fisik (kecuali jika diperlukan). Atau memang sudah alamiahnya seperti itu yang namanya birokrasi?

Leave a Reply

