Meningkatkan Kuantitas Dulu

Saya punya pemikiran bahwa untuk meningkatkan kualitas, kita harus punya banyak “jam terbang”-nya dulu. Kualitas hanya dapat diukur jika kita sudah memiliki prasyarat kuantitas tertentu. Jika jumlahnya saja sedikit atau bahkan tidak ada, bagaimana kita bisa mengukur kualitasnya? Itu logika sederhananya. Maka, untuk membuat kita ahli dalam bidang tertentu, langkah awalnya adalah tingkatkan saja dulu kuantitasnya. Perbanyak dulu jumlahnya.

Jika saya ingin ahli dalam urusan tertentu, targetan awal yang ingin saya penuhi bukan secara langsung menjadi ahlinya. Tapi, saya kejar dulu kekonsistenannya (istiqomah). Saya berusaha untuk meningkatkan jumlah secara konsisten, meski perlahan-lahan. Misalnya, saya ingin ahli menulis, yang saya kejar pertama kali adalah kekonsistenan saya menulis. Konsisten saja dulu untuk meningkatkan kuantitas. Memperbanyak jumlahnya dulu. Urusan kualitas dilihat belakangan.

Blog ini jadi sarana saya untuk melatih kekonsistenan itu. Meski berat, saya tetap mencoba untuk memperbaharui tulisan dalam waktu tertentu. Lama-kelamaan, kita bisa banyak belajar dari kuantitas. Kuantitas itu membentuk pengalaman. Baru disitu kita berbicara kualitas. Kuncinya, jangan secara tiba-tiba memperbanyak kuantitas, biarkan perlahan-lahan saja sampai kita menikmati kekonsistenan dulu. Jika tergesa-gesa, yang ada malah kita tersiksa dengan targetan kita sendiri.

Latihan (practice), exercise, training, belajar, dsb pada dasarnya adalah usaha untuk memperbanyak kuantitas. Semakin banyak latihan, semakin mahir. Semakin banyak belajar, semakin mengerti. Semakin banyak kuantitas, semakin terlihat kualitasnya. Practice makes perfect. Kuncinya, kejar dulu target supaya bisa konsisten dalam usaha-usaha meningkatkan kuantitas tersebut. Kualitas akan menyusul. Jika kuantitasnya saja sedikit, kualitas tidak akan terlihat.

One thought on “Meningkatkan Kuantitas Dulu

Leave a Reply

