Euphoria di Negeri Utopia

Awal-awal memasuki negeri asing, yang ada hanyalah kebanggaan dan euphoria. Semua yang dilihat dan dirasakan selalu dikait-kaitkan dan dibanding-bandingkan dengan Indonesia. Ujung-ujungnya seringkali memojokkan tanah air tercinta. Kalau ada yang bagus-bagus di tempat yang baru, ujung-ujungnya memojokkan tempat yang lama. Begitu ada nikmat yang baru, nikmat lama dilupakan.

Saya memaklumi ini sebagai bentuk gegar budaya (culture shock). Wajar saja, karena saya tengah memasuki zona baru yang ingin dibuat senyaman mungkin. Kata teman saya, merantau itu cenderung membuat galau. Pada keadaan tereksitasi, biasanya kondisi yang ada jauh dari kestabilan dan keteraturan (steady state), sedangkan kita menghendaki adanya keteraturan itu. Maka, rasa ingin kembali ke steady state tersebut sangat kuat, ingin rasanya kembali dekat dengan orang-orang tercinta.

Pertama kali merantau ke negeri orang, yang ada hanyalah pembandingan-pembandingan. Negara yang dituju selalu (terlihat) lebih baik dibandingkan dengan negara asal (maaf, memang kenyataannya seperti itu). Tapi, memang benar bahwa there is no growth in comfort zone. Zona nyaman hanya akan membuat kita lengah. Konsekuensinya, kita harus keluar dari zona nyaman itu, meski kenyataannya perubahan itu dirasakan tidak nyaman. There is no comfort in growth zone.

Yang bisa saya lakukan hanyalah adaptasi, karena saya benar-benar harus menyesuaikan diri dengan tempat baru saya disini. Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung. Karena sebenarnya zona tidak nyaman itu hanya sepintas lewat dan hanya terasa pada peralihannya saja, setelah itu kita akan terbiasa dan berada pada zona nyaman yang baru. Dan seterusnya kita akan keluar-masuk zona nyaman yang lain.

Foto di atas adalah zona saya yang baru untuk beberapa waktu ke depan.

3 thoughts on “Euphoria di Negeri Utopia

  1. Pingback: Fase-fase Perantau « .rizaldwiprayogo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s