Setiap Titik Pasti Terhubung

Saat membaca kembali pidato Steve Jobs “Stay hungry, stay foolish” pada cerita pertama, dan menghubungkannya dengan diri saya, ternyata saya sampai pada kesimpulan bahwa setiap titik dalam hidup kita itu pasti terhubung. Siapa sangka jalan hidup kita di masa lalu ternyata terhubung dengan posisi kita saat ini. Betapa tidak meng-enakkannya saat dulu, tapi menjadi sebuah kesyukuran besar di hari ini.

Begitulah Allah telah merancang skenario terbaik untuk setiap hamba-hamba-Nya. Asalkan kita tetap berbaik sangka dengan segala ketetapan-Nya. Meski di awalnya pahit, tapi manisnya akan terasa beberapa tahun mendatang. Percayalah. Saya pun telah merasakan hikmah yang besar, bahkan setelah beberapa tahun berselang. Ternyata inilah jawaban dari Allah yang bahkan saya tidak menyadari ternyata jalannya seperti ini.

Lantas, jika jalannya sudah ditetapkan Allah, mengapa kita masih diperintahkan untuk berusaha? Jawabannya adalah untuk mencari takdir terbaik, sebab kita tidak mengetahui hal-hal yang sifatnya gaib. Dan setiap pilihan dalam hidup kita, pasti memiliki takdir lanjutannya. Kita memilih bersungguh-sungguh atau bermalas-malasan tentu mengandung takdir lanjutannya.

Jika memilih bersungguh-sungguh, maka takdir lanjutannya kita akan naik peringkat dan siap menyongsong takdir baik yang lain. Jika memilih bermalas-malasan, maka takdir lanjutannya pun pasti berlaku, yaitu mungkin saja kita akan mendapat takdir lain yang lebih buruk.

Setiap titik pasti terhubung, hanya masalahnya kita sendiri yang menentukan takdir lanjutannya dengan ikhtiar dan amal kita. Karena sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu sendiri yang mengubah nasib mereka sendiri.

@rizaldwiprayogo

One thought on “Setiap Titik Pasti Terhubung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s