Introspeksi Lewat Tulisan

Sepanjang perjalanan saya dalam menulis dan mengisi kekosongan blog ini, kadang saya suka dihinggapi perasaan khawatir kalau-kalau tulisan saya ini tidak sesuai dengan kelakuan saya sehari-hari. Saya khawatir, ternyata apa yang saya tuliskan kemudian tidak cocok dengan perkataan dan perbuatan saya. Saya menuliskan ini itu, tak tahunya saya sendiri lupa untuk berbuat.

Saya merasa banyak sekali niat yang tercampur aduk ketika akan menulis. Misal saja; seperti poin di atas, mengharap apresiasi dan khawatir kemudian akan menjadi ujub jika disanjung, merasa kecewa jika tidak ada yang mengapresiasi, dsb…  Apakah ini normal seperti kebanyakan penulis? Saya tidak tahu.

Tapi, jika saya menjadi berhenti menulis karena alasan-alasan tersebut, itu artinya saya telah terperangkap oleh penilaian orang lain. Saya tidak ingin setiap tindak-tanduk saya dipengaruhi oleh opini dan penilaian orang lain. Maka, kegiatan menulis ini tetap saya jalani meskipun niat baik itu suka tercampur aduk. Memperbanyak kuantitasnya dulu, baru kemudian bicara kualitas.

Karena saya bertekad, apapun profesi saya nanti, saya ingin tetap menulis. Saya ingin setiap tindak-tanduk, pemikiran, dan perjalanan hidup saya terdokumentasikan. Hingga pada suatu saat nanti, saya bisa membuka kembali dokumentasi saya itu dan belajar dari setiap proses yang telah terjadi.

Leave a Reply

