Memilih Pemimpin yang “Nyentrik”

Meski berada jauh dari Indonesia, tapi saya tetap mengikuti berita dan perkembangan tentang Indonesia. Yang sedang ramai-ramainya di media massa adalah tentang pemilu Kepala Daerah DKI Jakarta. Betapa tidak, DKI Jakarta merupakan posisi yang strategis untuk urusan politik. Bisa jadi, ajang ini bisa menjadi batu loncatan bagi siapapun yang memenangkan pemilu.

Yang saya perhatikan, rakyat Indonesia itu sudah terlalu jenuh dengan pemimpin-pemimpin yang ada sekarang. Kita sudah terlanjur bosan dengan janji-janji pemilu, tapi pada kenyataannya sangat sulit untuk diimplementasikan. Dampaknya, dalam setiap pemilihan pemimpin, kita tidak lagi memerdulikan apa saja program kerja dari sang calon.  Ya, benar, kita sudah “kebal” dengan janji-janji.

Tren memilih pemimpin sekarang sudah bergeser pada figuritas (sosok). Kita sudah jenuh dengan pemimpin yang begitu-begitu saja. Sekarang, kita lebih tertarik pada sosok pemimpin yang “nyentrik”, ia mampu membuat sebuah gebrakan besar. Dan sepertinya, rakyat Indonesia pun berharap banyak pada gebrakan besar itu. Maklum, kita sudah terlalu lama berada dalam kondisi stagnasi. Maka, kita ingin segera keluar dari kondisi stagnasi tersebut.

Tapi, yang saya khawatirkan adalah, ternyata sosok pemimpin yang “nyentrik” itu justru hanyalah provokasi media saja. Dan kita sudah kadung terpincut pada sosok pemimpin tersebut. Karena rakyat Indonesia kebanyakan mengetahui sosok pemimpin mereka dari media. Jadi, apa yang kita tahu tentang pemimpin kita pun hanya sebatas apa yang kita tahu dari media. Wah, bisa gawat kalau sampai kita membeli kucing dalam karung.

2 thoughts on “Memilih Pemimpin yang “Nyentrik”

  1. nadiaananda

    Ane selalu belajar dari kisah orang kecil namun berhati besar,, yukk mari sebarkan ilmu seluas-luasnya..🙂

    Reply
  2. nadiaananda

    Semangat.. Semangat untuk indonesia dan para blogger semuanya.. Ayo kita menulis dan berbagi..🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s