Rahasia Purnama

Kalau langit sedang cerah, coba pandangi sejenak purnama yang sedang menggantung, yuk kita tafakuri …

Adanya bulan purnama menandakan kita tengah memasuki pertengahan bulan Hijriyah (13, 14, 15). Saat bulan purnama juga yang menyebabkan naiknya permukaan air laut, karena letak bulan yang dekat dengan permukaan bumi sehingga gaya gravitasinya membuat permukaan air laut meningkat. Kemudian kita kenal istilah air pasang.

Adanya purnama tidak hanya memengaruhi alam, tapi juga manusia. Menurut Psikolog Amerika, Arnold Lieber (1978), yang pernah meneliti tentang “The Lunar Effects”; bahwa kondisi kejiwaan manusia pada saat purnama cenderung lebih labil, emosional, dan agak sensitif.

Bisa jadi mudah marah, mudah tersinggung, mudah labil, mudah emosi. Intinya, kondisi kejiwaan seperti ini yang menyebabkan manusia lebih mudah keluar emosinya. Dalam film produksi Amerika juga, digambarkan bahwa manusia serigala akan keluar dari sarangnya saat purnama. Ini menggambarkan betapa emosionalnya manusia saat purnama.

Dalam Islam, kita mengenal shaum Ayyamul bidh, yaitu shaum pada pertengahan bulan Hijriyah (13, 14, 15). Dan dengan mudah kita ketahui tanggal tersebut dengan melihat purnama. Sungguh indah Islam mengatur hal-hal yang mungkin kita anggap kecil.

Saat emosi kita sedang pasang, seperti pasangnya air laut saat purnama, Rasulullah saw malah menganjurkan kita untuk shaum Ayyamul Bidh setiap bulannya. Islam mengajarkan caranya tersendiri untuk meredam emosi pada tanggal-tanggal tersebut. Karena jalan masuk setan telah kita tutup dengan pintu lapar.

Ternyata memang segala amalan dalam Islam ini selalu reasonable dan acceptable. Segala hal yang bertautan dengan iman, tidak perlu melalui akal untuk dapat diterima. Cukup dengan hati, kemudian akal yang akan membenarkan semuanya.

Mungkin malam ini kita tengah memandangi purnama yang sama … dan mengucap tasbih.

Di bawah purnama langit Kanazawa, pada suatu malam di penghujung musim gugur

One thought on “Rahasia Purnama

  1. Pingback: Purnama ke-10 di Bawah Langit Kanazawa | .rizaldwiprayogo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s