Pelajaran Gempa Jepang

Menurut berita dan kata teman yang tinggal di Jepang kawasan timur, tadi sore (7/12/12) ada gempa 7.4 SR. Yuk kita tafakuri …

Kalau kita belajar geografi, kawasan Jepang dilewati oleh sirkum pasifik yang merupakan jalur gempa. Jalur gempa itu berangkai hingga ke kawasan Indonesia. Saking seringnya diguncang gempa dan bencana lainnya, di Jepang malah sampai ada menteri negara pencegahan bencana (State Minister, Postal Issues and Disaster Prevention).

Kalau kita perhatikan, sebagai daerah yang rawan gempa, geografis Jepang dan Indonesia hampir mirip, yaitu diliputi banyak gunung dan bukit. Orang Jepang membiarkan sekitar 70% kawasan di negaranya berupa gunung dan bukit. Sedangkan 30% sisanya dijadikan lahan tempat tinggal dan penghidupan.

Kalau kita merujuk ke QS. An-Naba [78]: 6-7, “Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak?”. Maha Adil Allah yang menciptakan Jepang yang rawan gempa ini dengan geografis yang bergunung-gunung, sebagai pasak bumi.

Gunung-gunung itu memantapkan bumi dan menjaga keseimbangannya; menyeimbangkan antara pengerutan rongga bumi dan pengerutan atapnya; dan menekan bumi pada titik tertentu hingga tidak lenyap dengan adanya gempa bumi/guncangan dalam perut bumi.

Gambaran sederhananya saat kita membuat tenda. Anggaplah pasaknya sebagai gunung dan tendanya sebagai bumi; pasak-pasak tersebut berfungsi sebagai penyeimbang tenda supaya tetap tegak berdiri.

Boku wa daijoubu desu, sinpai sinai de kudasai. Semoga teman-teman disana juga baik-baik saja.

One thought on “Pelajaran Gempa Jepang

  1. firmanqodri

    doakan saya, saya sedang melakukan penelitian tentang pendidikan siaga bencana, khususnya bencana gempa bumi. Saya berharap semua kalangan di semua daerah di Indonesia nantinya bisa mengetahui bahwa pendidikan siaga bencana adalah penting.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s