Fenomena Listrik Statis Saat Winter

Aha, wakatta! Akhirnya saya paham juga kenapa di winter ini lumayan sering kesetrum saat menyentuh gagang pintu. Awalnya saya pikir ini cuma “kebetulan” saja, tapi ternyata tidak hanya terjadi sekali. Apa masih bisa kita sebut ini sebuah “kebetulan”?

Saya penasaran, dugaan awal saya adalah mungkin karena udara dingin yang membuat tangan kita agak mati rasa. Jadi, begitu menyentuh gagang pintu, otot kita “tersentak” sehingga terasa semacam lecutan listrik. Tapi, ternyata hipotesis awal saya tidak begitu kuat, hehe …

Sampai-sampai saya agak “trauma” membuka pintu tanpa dilapisi isolator. Setiap ingin membuka gagang pintu, selalu saya lapisi dengan sarung tangan. Atau paling tidak saya lapisi dengan kain lengan jaket. Bahkan, teman saya mengira saya bohong kalau saya kesetrum gagang pintu.

Akhirnya, saya dapat juga penjelasan ilmiahnya. Jadi saat winter, udara bersifat dingin dan kering yang merupakan kondisi udara terbaik untuk menghantarkan listrik. Saat winter juga, kita lebih sering memakai jaket berbahan kain dan bulu yang sebenarnya menciptakan listrik statis dalam tubuh kita (static charging), persis seperti percobaan menggosok-gosokkan penggaris dengan kain kemudian bisa menarik rambut.

Jadi, saat kita menyentuh konduktor logam, seperti gagang pintu, yang sudah berinteraksi dengan udara luar, maka akan terjadi lecutan listrik. Salahnya saya adalah menyentuh gagang pintu dengan ujung-ujung jari, jadi timbul lecutan listrik tadi.

Tipsnya adalah, jangan menyentuh gagang pintu (dari logam) dengan ujung jari karena itu akan mengalirkan listrik; sebagaimana penangkal petir yang pangkalnya tajam untuk mengalirkan listrik. Raihlah gagang pintu dengan telapak tangan, sehingga permukaannya lebih luas dan tidak mengalirkan listrik.

Maka, di beberapa tempat umum, gagang pintu dilapisi dengan kayu sebagai isolator. Menarik ya, mereka berpikir sampai sedetail ini. Lagi-lagi, musim yang empat mendidik mereka untuk berpikir (lebih keras). Coba kalau di negeri tropis, mana terpikir yang seperti ini.

Gagang pintu yang dilapisi isolator

Gagang pintu yang dilapisi isolator

Jadi, saya gak bohong waktu bilang kesetrum gagang pintu ya …

Leave a Reply

