Kultur Akademis yang Hilang

Saya pikir ada tiga kultur yang tetap harus diasah oleh kita sebagai insan akademis, yaitu kultur baca, tulis, dan pikir (diskusi). Konteks baca dan tulis bukan melulu urusan akademik, tapi tentang isu sosial pun kita harus peka. Karena urusan kita bukan hanya di lab saja, tapi juga yang ada di luar lab. Terlebih lagi tentang isu di negara asal kita.

Tentang kultur baca, saya yakin dari kita pasti membaca. Hanya saja, mungkin beda motifnya. Ada yang membaca karena memang diharuskan membaca dan sedikit terpaksa oleh kondisi. Dan ada juga yang memang menyengajakan diri untuk membaca, artinya dia menyediakan waktu khusus untuk membaca.

Keluaran (output) dari proses membaca adalah menulis. Lagi-lagi, bisa beda-beda motifnya. Ada yang memang terpaksa menulis, dan ada yang menyengajakan menulis. Entah karena sekarang sudah era 2.0, jadi orang lebih sering menulis status dan komentar di FB dan Twit. Jadi, maksud yang ingin disampaikan tidak utuh dan pemahamannya pun parsial.

Selanjutnya kultur pikir (diskusi); saya perhatikan sekarang ini kita lebih sering berdiskusi di FB, Twitter, atau sosial media lainnya. Budaya ngobrol atau ngopi darat yang dulu sering dilakukan pelan-pelan mulai jarang. Padahal, diskusi di sosial media bisa menimbulkan salah persepsi karena kita tidak tahu ekspresi seseorang saat menyampaikan suatu pendapat.

Yang menerima pun bisa salah menanggapi dan sering terjadi salah paham antara yang ingin disampaikan dan yang dipahami. Maka, budaya ngobrol atau ngopi darat tetap perlu untuk digiatkan lagi. Jangan sampai, di sosial media kita berkoar-koar tapi begitu ketemu muka ternyata diam saja. Soalnya saya perhatikan ada beberapa tipe orang yang suka berkicau di sosmed tapi begitu ketemu ternyata dia pendiam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s