Islam dari Sudut Pandang Orang Jepang

Berikut video rekaman TV Jepang yang saya tonton melalui Youtube. Jadi ceritanya, orang Jepang sendiri merasa kebingungan dengan imej Islam hari ini. Karena mereka banyak mendengar dan melihat dari berita tentang Islam yang digambarkan dengan teror, bunuh diri, bom, dan kekerasan. Padahal, nyatanya tidak seperti itu.

Untuk mengklarifikasi hal itu, seorang jurnalis senior Ikegami Akira, melakukan peliputan langsung ke Saudi Arabia sebagai representasi negara Islam. Dijelaskan tentang kehidupan Islami di Saudi Arabia. Misalnya: setiap masuk waktu sholat (adzan), setiap muslim menutup toko (perdagangan) dan bergegas menuju masjid.

Islam juga sangat menghargai kaum perempuan, yaitu dengan memerintahkan mereka untuk mengenakan hijab yang sebenarnya untuk melindungi diri mereka sendiri. Bahkan, di Saudi Arabia, ada mall khusus untuk perempuan. Dengan begitu, ini mempertegas bahwa Islam juga sangat memerhatikan hak-hak perempuan.

Kenapa umat muslim tidak makan daging babi, kenapa tidak minum alkohol, dijelaskan juga dalam video ini. Ikegami Akira juga sering meliput tentang kehidupan Islam. Dari video ini, dia terlihat memahami benar aturan-aturan dalam Islam yang menurut orang Jepang sangat kibishi (tegas, keras).

Video ini menarik untuk disimak karena tidak menghadirkan tendensi apa-apa. Dikemas secara netral, dan saya pikir ini informasi yang bagus untuk masyarakat Jepang itu sendiri sebagai pencerdasan dan pencerahan kembali atas imej tentang Islam yang selama ini simpang-siur.

真実はいつも一つ! (Kebenaran hanya satu) — Shinichi Kudo

5 thoughts on “Islam dari Sudut Pandang Orang Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s