Kekonyolan Orang Jepang Menjelang Tahun Baru

Menjelang akhir tahun, sepanjang bulan Desember, orang Jepang biasanya akan menggelar pesta akhir tahun yang namanya Bonenkai. Katanya, dalam pesta demikian mereka mempererat persahabatan dengan makan bersama sambil minum sake, juga sambil bercerita tentang pengalaman selama setahun yang (akan) lewat.

Bahkan katanya lagi kalau bisa sampai mabuk. Karena keeratan persahabatan dianggap mencapai puncaknya kalau sudah sama-sama mabuk. Dengan mabuk, mereka juga ingin melupakan segala hal buruk selama setahun yang (akan) lewat.

Menariknya, Bonenkai (忘年会) ditulis dengan kanji 忘 (忘れる – wasureru) yang artinya lupa; kanji 年 (とし-  toshi) yang artinya tahun; dan kanji 会 (あう – au) yang artinya bertemu. Jadi, kalau dibikin kalimat: bertemu di akhir tahun untuk lupa.

Dalam Islam, diharamkan khamar (minuman memabukkan) karena akan membuat si peminumnya kehilangan akal (lupa). Dan bila dikonsumsi secara terus-menerus akan menimbulkan kerusakan syaraf otak yang menyebabkan si peminumnya mudah hilang akalnya (lupa).

Meminum khamar merupakan biang munculnya kejahatan yang lain. Dan kejahatan akibat dari khamar ini tidak berdiri sendiri, tapi selalu ada kaitannya dengan kejahatan lainnya yang saling berkorelasi.

Meski tidak semua Bonenkai, tapi kebanyakan mengonsumsi sake. Benarlah maksud dari pesta tersebut, yaitu untuk lupa. Kalau begitu, bukan hanya hal-hal buruk yang terlupakan, tapi juga kehilangan akal dan kesadaran karena mabuk.

Dan ternyata dalam buku Minna no Nihonggo (buku panduan belajar bahasa Jepang), kosakata mabuk (酔います  – yoimasu) dan budaya pesta akhir tahun (忘年会 – bonenkai) dibahas dalam satu bab yang sama. Hmm, Jepang… Jepang… Kadang anomali, di satu sisi negeri utopia, di sisi yang lain malah nampak konyol.

よいお年をお迎えください、来年もよろしくね
(yoi otoshi wo omukae kudasai, rainen mo yoroshiku ne – selamat menyambut tahun yang baik, tahun depan pun yoroshiku ya)

2 thoughts on “Kekonyolan Orang Jepang Menjelang Tahun Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s