Tanoshii (楽しい) dan Ureshii (嬉しい)

Perbedaannya:
Pada dasarnya, dua kata ini menunjukkan ekspresi senang/bahagia. Awalnya saya bingung kapan harus bilang tanoshii dan ureshii. Belakangan yang saya pahami, kedua kata ini digunakan berdasarkan lamanya waktu dari kadar kesenangan/kebahagiaan yang dirasakan.

Misal, kalau rasa senang yang dirasakan hanya pada saat itu saja (senang sesaat), maka itu tanoshii. Seperti rasa senang setelah beraktivitas pada hari itu atau menikmati suasana. Beda halnya kalau kadar kesenangan itu berjangka waktu lama; bahasanya: masih terngiang-ngiang, meskipun momennya sudah berlalu. Maka itu ureshii.

Menariknya, kanji musik (音楽 – おんがく) on-gaku ditulis dari kanji 音 (おと – oto) yang artinya bunyi; dan kanji 楽 dari 楽しい (tanoshii). Jadi, musik adalah bebunyian yang menyenangkan. Hanya saja, kesenangan yang didapat dari mendengarkan musik tidak akan bertahan lama karena hanya sebatas tanoshii saja, bukan ureshii.

Jadi, seperti apapun cara kita melampiaskan kegalauan pada musik hanyalah kesenangan yang tidak akan berlangsung lama, hanya kesenangan sesaat. Maka benarlah apa yang dikatakan oleh Ibnu Taimiyah bahwa musik dan Al-Quran tidak akan berjumpa dalam keasyikan yang sama.

Jika keasyikan terhadap salah satunya bertambah, maka keasyikan terhadap yang lainnya akan berkurang. Musik yang sifatnya kesenangan sesaat (tanoshii) tidak akan berpadu dengan Al-Quran yang sifatnya kebahagiaan jangka panjang (ureshii). Ureshii adalah rasa bahagia karena perasaan atau penghayatan yang dirasakan oleh si subjek.

Persamaannya: sekarang kan sudah jadi trend orang-orang pada bilang (cara untuk) tanoshii/ureshii itu (sama-sama) sederhana. Kenapa dibikin rumit?

#bahagiaitusederhana

One thought on “Tanoshii (楽しい) dan Ureshii (嬉しい)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s