Salam Semangat dari Jepang untuk Anak-anak Indonesia

Saya bersyukur mendapat kesempatan untuk merasakan dunia pendidikan dasar di Jepang dengan menjadi guru sehari. Saya berkesempatan untuk mengajar di SD Oshino, Kanazawa, Jepang. Ini menjadi bagian dari English Exchange Project, yaitu projek yang mempertemukan murid-murid SD Jepang dengan orang asing secara langsung untuk belajar bahasa Inggris.

Projek ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dunia kepada murid-murid SD dan membawanya ke dalam kelas-kelas mereka. Karena selama ini, mereka hanya mengetahui dunia sebatas pada apa yang disiarkan di televisi. Mereka belum pernah berkomunikasi langsung dengan orang asing dan merasakan pengalamannya.

Dalam kegiatan ini, saya juga berkesempatan untuk memperkenalkan Indonesia kepada mereka. Dari kelas ke kelas menjadi “duta” Indonesia. Dari setiap kelas yang saya ajar, selalu terlontar ekspresi spontan dari para murid yang menunjukkan bahwa mereka sangat kagum dengan Indonesia. Terutama dengan keindahan alam Indonesia dan masyarakat sosialnya.

We love Indonesia!

We love Indonesia!

Di setiap kelas selalu terlontar celetukan dari bocah-bocah, “へえ、いいなあー、(値段)安いなあー (keren nyaaa, harganya murah-murah yaaa …)”. Agaknya kita sudah memaklumi bahwa anak-anak itu tidak bisa berbohong, bahkan ekspresi spontannya pun selalu menyiratkan kejujuran. Maka, kekaguman mereka terhadap Indonesia bukanlah ekspresi yang dibuat-buat, tapi kejujuran yang tulus dan terpancar dari raut wajah mereka.

Kita mesti bersyukur karena berkesempatan untuk bisa tinggal di Jepang dan belajar segala hal tentangnya. Banyak adik-adik kita di Indonesia yang sebenarnya juga ingin ke Jepang dan menanti inspirasi dari kita yang tinggal di Jepang. Kawan-kawan kita di Indonesia juga membutuhkan inspirasi untuk membangun negeri.

Tentulah kita, sebagai gaijin, mendapatkan banyak inspirasi dan pembelajaran saat di Jepang ini. Baik dalam hal studi maupun dari spirit kehidupannya orang-orang Jepang. Harapan saya, supaya inspirasi itu tidak untuk dipendam sendiri kemudian lenyap, tapi juga untuk menginspirasi adik-adik sebangsa sebagai bentuk iuran kita untuk menghadirkan mimpi-mimpi mereka.

Anak-anak SD Oshino, Kanazawa, Jepang menitipkan pesan dan salam semangat untuk anak-anak Indonesia. Mereka ingin berbagi semangat rajin belajar, meraih cita-cita, dan kegigihan dalam berusaha. Mudah-mudahan salam semangat dari anak-anak SD Jepang ini memberikan stimulus kepada anak-anak di Indonesia agar mau bersemangat dalam meraih cita-cita.

This slideshow requires JavaScript.

Salam semangat ini juga sudah ditularkan lewat Republika dan Indonesia Menyala

6 thoughts on “Salam Semangat dari Jepang untuk Anak-anak Indonesia

  1. dimas wahyu

    Assalamualaikum.
    Terima ksih kak sudah menyampaikan salam kepada anak-anak indonesia.
    Saya juga masih memiliki mimpi suatu saat nanti bisa belajar dan mencari pengalaman di negeri matahari terbit… Dan cerita2 dari kakak sangat berguna bagi saya.

    Salam dari tanah air

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s