Pertanyaan Lewat Pesan

Banyak menulis tentang Jepang dan cerita seru kehidupan di Jepang dengan hashtag #selfnote #japan membuat saya banyak menerima pesan via email atau kolom komentar; yang mana diantara mereka itu saya perkirakan berusia SMP, SMA, dan mahasiswa S1 tingkat awal. Semua dari pesan yang masuk itu bernada sama, yaitu menyatakan diri mereka sangat ingiiiiiin ke Jepang untuk lanjut studi dan bagaimana cara yang ditempuh supaya mimpi ke Jepang itu tergapai.

Tujuan saya tercapai: membakar semangat adik-adik untuk memiliki cita-cita yang tinggi dalam melanjutkan pendidikannya dan bagaimana supaya keberadaan kita di negeri orang itu menginspirasi teman-teman di dalam negeri. Biarlah mereka sampai nangis-nangis karena ngebet ingin ke Jepang. Rasanya, impian yang ingin digapai tanpa tangisan akan susah diraih.

Dengan senang hati saya jawab pertanyaan-pertanyaan mereka, sedetail mungkin dari informasi yang saya tahu. Doa saya untuk mereka, supaya Allah membukakan jalan dan mencukupkan rezeki bagi siapapun para pencari ilmu di muka bumi ini… Ganbarimashou!

One thought on “Pertanyaan Lewat Pesan

  1. Ririn

    Komen saya: Sukaaaaa….sekali!!!
    Semoga Rizal sehat selalu di Jepang agar bisa menginspirasi selalu.amin

    Reply

Leave a Reply

