Catatan Perjalanan (4): Efisiensi

Yang saya tahu, ongkos tenaga kerja di Jepang dan di Malaysia tergolong tinggi. Di KL dan di Penang, tenaga kerja paling banyak dari Bangladesh karena mereka mau dibayar murah. Ongkos tenaga kerja yang tinggi ini memberi efek positif untuk memacu berpikir secara teknologi; bagaimana supaya sistem yang berjalan gak terlalu banyak bergantung kepada tenaga manual (manusia).

Mereka lebih sibuk membangun sistem, dan kemudian membiarkan sistem (mesin) itu bekerja mengatur semuanya. Dan setiap elemen yang berada dalam sistem tersebut manut pada aturan sistem yang dibuat secara kaku, gak seperti diatur manual oleh manusia yang notebene banyak toleransi terhadap kesalahan.


Bisa dibilang setiap hal yang bisa dikerjakan oleh mesin (sistem) ya dikerjakan oleh mesin. Gak perlu memakai tenaga manusia lagi; sehingga di Jepang dan di Malaysia gak ada yang namanya tukang parkir, petugas jaga pintu tol, petugas pengisi bensin (meski gak semua). Semuanya serba masinal dan self service sehingga lebih memperpendek proses (efisien).

Kalau di kita, ketika teknologi sudah masuk ke dalam sistem, yang ada malah tidak berkelanjutan karena si manusianya sendiri yang menolak dengan alasan “lebih enak manual”. Dan lagi ditambah alasan bahwa penerapan teknologi hanya akan mengurangi lapangan kerja saja. Doh! Padahal kerja otot dibayar lebih murah ketimbang kerja otak (teknologi).

 Seperti dikutip dari Hisanori Kato, seorang Jepang yang pernah menetap di Indonesia, bahwa orang Indonesia itu punya kata sakti “tidak apa-apa”, yang mana dengan mengucapkan kata itu, lantas kemudian bisa memaklumi semuanya dan cenderung berada pada stagnasi. Tidak apa-apa lah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s