Hati-hati di Jalan

Kalimat ini menurut saya memiliki dua makna: hati-hati untuk dirimu sendiri dan hati-hati jangan sampai menyusahkan (membahayakan) orang lain di jalanan. Saya perhatikan pengendara (mobil dan motor) sudah agak cuek dengan ini, inginnya cepat-cepat sampai saja tanpa memerhatikan etika berkendaraan. Padahal di jalanan pun kita perlu etika.

Seringkali pengendara hanya bersikap hati-hati untuk diri mereka sendiri, yang penting dirinya aman. Padahal, tanpa sadar ia telah membahayakan orang lain. Saya pernah melihat dua remaja yang dengan tidak sabarnya ingin cepat-cepat menyebrang saat kendaraan belum berhenti. Ia mungkin beranggapan yang penting dirinya tidak tertabrak dan sampai di seberang, beres! Tapi sebenarnya ia membahayakan orang lain. Terutama pengendara yang harus mengerem mendadak, apalagi saat cuaca hujan. Coba bayangkan kalau sampai terjadi tabrak beruntun.

Di koran Pikiran Rakyat (13/01/2014, hal 4) saya baca bis Trans Metro Bandung terjungkal karena menghindari pengendara sepeda motor yang melaju berlawanan arah (kontra flow). Si pengendara motor beranggapan yang penting dia sampai tujuan, tapi sebenarnya dia membahayakan orang lain. Ini kan egois!

Di lain waktu, saya pernah mengemudi di jalan tol saat hujan deras. Jarak pandang saat itu kabur sehingga saya hanya melihat lampu mobil di depan saya. Saat pindah ke lajur kiri, saya melihat lampu mobil di depan saya berwarna putih dan perlahan mendekat. Ia mundur karena salah jurusan dan hendak  berganti arah di pertigaan. Gagal paham saya dengan perilaku pengendara yang seperti ini. Ini kan membahayakan orang lain juga.

Duh, jangan sampai deh kita kehilangan sensitivitas/empati saat berkendara di jalanan. Jangan hanya memikirkan keselamatan untuk diri sendiri, tapi juga perhatikan keselamatan orang lain. Coba posisikan diri sebagai orang lain jika kita melakukan satu tindakan. Jangan sampai ucapan ‘hati-hati di jalan’ juga hanya sekedar basa-basi kata perpisahan.

 

Leave a Reply

