Menguji Bakat

Sekarang ini sedang ramai ajang pencarian bakat di televisi. Ribuan orang yang ikut, padahal hanya beberapa kontestan saja yang akan menjadi juara. Kalau dilihat dari peluangnya, maka kontes semacam ini hanya akan membuat kita pesimis saja. Tapi, bukan itu yang ingin saya diskusikan disini. Justru saya memandang positif ajang pencarian bakat ini. Sesuai namanya, ajang ini akan menguji bakat secara objektif dan melatih mental berkompetisi.

Dulu saya juga pernah mengikuti lomba dan kompetisi, tujuan saya waktu itu adalah untuk menguji bakat dan juga mencari pengalaman. Urusan menang atau kalah itu nomor dua, yang penting untuk menguji bakat dan mental berkompetisi. Urusan gagal juga hal yang biasa, karena itu justru melatih mental kita. Toh kalau kita terus gigih berusaha, pasti akan membuahkan hasil.

Kita tidak akan tahu sejauh mana kemampuan dan bakat kita kalau tidak pernah mengikuti kompetisi. Barangkali selama ini merasa memiliki suara bagus, tapi begitu ikut kompetisi malah tidak lolos. Dari situ justru kita bisa mengukur kemampuan diri dan bisa memperbaikinya. Bisa jadi dengan mengikuti kompetisi, orang yang merasa biasa saja sebenarnya memiliki bakat yang luar biasa.

Seperti Susan Boyle, wanita paruh baya yang mengikuti Britain’s Got Talent. Awalnya dia diremehkan karena penampilan fisiknya yang tak meyakinkan. Tapi ia memiliki bakat yang luar biasa saat tampil di depan panggung. Ini karena kemauannya mengikuti kompetisi untuk menguji bakatnya. Dan akhirnya bakat menyanyinya lebih dikenal publik.

Mengikuti kompetisi dalam rangka menguji bakat juga bisa mengantarkanmu untuk mengenal passion yang sebenarnya. Ia akan menggiringmu untuk mengenali hal-hal yang menarik minatmu. Banyak orang yang tak mengenal passion nya, bahkan hingga kehidupan telah beranjak renta. Maka, pesan saya bagi sesama pemuda, antusiaslah pada kegiatan yang mendatangkan tantangan dan manfaat bagimu. Ujilah bakatmu, latihlah mentalmu, dan kenalilah passion-mu. Karena saya pun masih ingin terus mengeksplor diri saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s