Pelayanan yang Tak Pernah “Tulus”

Sekarang kalau jalan-jalan ke tempat-tempat keramaian biasanya sudah ada fasilitas Wi-Fi gratis. Seperti di Bandung, kalau singgah di taman-taman kota sudah dilengkapi fasilitas Wi-Fi gratis yang bisa terkoneksi langsung dengan perangkat digital. Tanpa prosedur yang rumit, bisa langsung terkoneksi.

Tapi, hal tersebut tak saya jumpai di mal-mal. Memang ada koneksi Wi-Fi yang berseliweran, tapi saya tak bisa langsung konek karena harus mengikuti beberapa prosedur yang merepotkan. Misalnya saya harus memakai kartu GSM tertentu. Maka, meski ada Wi-Fi yang katanya gratis, saya tak bisa terkoneksi dengan internet. Ujung-ujungnya tetap pakai koneksi internet sendiri. Iming-iming gratis seperti tak diikuti “keikhlasan” berbagi, mesti saja ada prasyarat yang merepotkan.

Belakangan kawan saya bercerita bahwa ia pernah makan di sebuah restoran “All you can eat”. Yang ada di pikirannya adalah ingin mencicipi berbagai menu dengan bebas, apalagi saat itu ia dan kawannya sedang berbuka puasa. Tapi, kenyataannya ia tak bisa memakan semuanya karena pelayanannya buruk sehingga ia harus menunggu 40 menit untuk satu menu.

Promosi/marketing yang jor-joran mestinya diikuti juga dengan pelayanan yang baik. Jangan sampai pelanggan sudah datang berbondong-bondong malah tak terlayani dengan baik. Kawan saya berseloroh bahwa koki di restoran tersebut hanya dua orang! Ya jelas saja konsep “All you can eat” jadi tak benar-benar semua dapat kita makan. Uang sudah dikeluarkan tapi hak konsumen tak terpenuhi semua.

Pelayanan yang ada seperti tak pernah “tulus” memberikan apa yang konsumen/pelanggan perlukan. Mereka seperti tak takut kehilangan pelanggan, pelayanan yang buruk tetap saja dipelihara. Konsumen pun seperti tak punya pilihan karena tak ada tempat mengadu. Padahal service/pelayanan yang baik adalah salah satu faktor kepuasan pelanggan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s