Pelangi Ikhtiar

Apa yang kita peroleh itu tak melulu dari apa yang kita usahakan.

Dulu sewaktu saya tinggal di Jepang dan pada saat keuangan mulai menipis, saya pernah coba mencari kerja paruh waktu (arubaito). Berhubung saat itu menjelang pergantian tahun, jadi cukup banyak juga lowongan yang buka. Ada lowongan dari kampus, ada juga lowongan dari luar kampus. Awalnya saya tertarik untuk ikut lowongan membuat kue persiapan Natal, tapi karena berbagai pertimbangan, saya putuskan tidak mengambil lowongan tersebut.

Saya terus mencari lowongan yang dipajang di papan informasi. Saking banyaknya informasi, saya minta Daichi-san—teman Jepang—untuk memilihkan mana yang cocok untuk saya. Lowongan yang buka ada macam-macam, misalnya jadi tukang cuci piring di restoran, jadi kasir kantin, jadi pelayan, dan semacamnya. Tapi, atas rekomendasi Daichi-san, saya tak jadi mengambil lowongan yang ada.

Saya tak berhenti disitu. Mikito-san, seorang Jepang yang kerap membuat acara bagi orang asing (gaijin) juga saya tanyakan. Namun sayang, katanya tak ada lowongan yang tersedia. Saya sempatkan juga untuk mencari lowongan lewat internet, ada beberapa yang cocok tapi membutuhkan kemampuan bahasa Jepang level lanjut. Karena tak sesuai kualifikasi dan juga tidak begitu mengerti prosedurnya, saya tak jadi mengambil.

Hingga satu waktu saat saya menatap layar Facebook lalu ada satu notifikasi masuk. Segera saya baca, ternyata itu adalah informasi lowongan arubaito yang di-post di Grup PPI Ishikawa. Lowongan yang dibuka hanya untuk satu orang dan saya jadi pendaftar pertama! Pekerjaannya adalah menjadi guide mahasiswa Indonesia yang sedang berkunjung ke Kanazawa untuk study tour. Pekerjaan yang menyenangkan: sesuai hobi (bisa jalan-jalan) dan dibayar tinggi.

Dari pengalaman itu saya mendapat pelajaran bahwa apa yang kita peroleh itu tak melulu dari apa yang kita usahakan. Bisa saja kita sudah habis langkah kesana-kemari berikhtiar dan tak mendapat hasil. Tapi justru kita memperoleh apa yang kita perlukan dari jalan lain yang tak pernah kita duga. Teruslah berikhtiar karena setiap ikhtiar kita itu mengundang berkah yang akan mengantarkan kita pada apa yang kita perlukan/inginkan.

2 thoughts on “Pelangi Ikhtiar

  1. Hanifan Rahman

    Assalamualaikum kang Rizal. Saya Hanifan dari Bandung. Saya senang sekaligus bangga membaca tulisan-tulisan kang Rizal ini. Cukup membuka mata saya karena banyak juga mahasiswa Indonesia yang kuliah di Jepang, tapi anehnya lebih banyak berita yang diberitakan TKI sebagai asisten rumah tangga. *sigh*

    Saya pernah membaca tulisan kang Rizal tentang masalah umum mahasiswa perantau di Jepang. Saya merasa ada kesamaan yang dirasakan, kurang mengenal dunia luar, karena saat ini saya sedang kuliah s1 tahun kedua dan selama saya lahir sampai menulis comment ini, saya tidak pernah merasakan hidup diluar Bandung. Tulisan kang Rizal di ppijepang.org menginspirasi saya untuk mencari beasiswa keluar negeri, khususnya jepang.

    Saya berencana mengambil gelar master of business administration di Jepang, kang. Apa ada saran untuk mendaftar ke universitas mana? Lalu sebelum benar-benar mengapply, apa yang sebaiknya saya persiapkan? Ditunggu jawabannya, kang. Hatur nuhun.

    Reply
    1. Rizal Dwi Prayogo Post author

      Wa’alaikumussalam hanifan,

      Halo salam kenal. Untuk jurusan yang hanifan pengen, saya kurang tahu dimana universitas yang bagus untuk jurusan tersebut. Coba tanya senior atau dosen hanifan, apa ada rekomendasi jurusan tsb di Universitas Jepang, jika ada persiapkan lah dari sekarang:

      – TOEFL, latihlah terus kemampuan bahasa Inggris baik teori maupun percakapan, ikutilah kursus bahasa Inggris selagi masih banyak waktu.
      – Bahan Riset, coba di-eksplor lagi bahan-bahan atau materi riset tentang disiplin ilmu yang ingin dikembangkan, antusiaslah untuk belajar
      – Banyak baca buku, khususnya tentang study abroad, karena akan men-charge semangat kamu
      – Cari informasi tentang kesempatan going abroad, apakah itu untuk study maupun pertukaran pelajar, hitung-hitung sebagai latihan persiapan berkompetisi.

      Barokallah untuk cita-citanyam, tetap antusias dan bersemangat!

      Reply

Leave a Reply

