Dewasa

Ketidakdewasaan adalah ketika tidak sesuai antara usia dan kematangan berpikir. Ciri orang yang tidak dewasa (tunjuk diri sendiri agar tak mencari-cari sasaran orang lain):

1. Berfokus pada perasaannya sendiri
Kurang peka terhadap apa yang dirasakan orang lain, sehingga tidak muncul empati dalam dirinya. Senantiasa menganggap diri sebagai korban dan meminta orang lain untuk mengerti perasaannya. Posisikan diri kita pada posisi orang lain, perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan.

2. Keras kepala
Tidak mau menerima nasihat orang lain, bersikap defense atas saran dan masukan orang lain. Senantiasalah bermunajat agar Allah melapangkan dada kita (Q.S 20: 25). Jangan mencari-cari pembelaan bagi diri sendiri karena itu menjadi hijab tertutupnya hati.

3. Tidak mandiri
Jangan bertawakal kepada makhluk-Nya karena hanya akan menimbulkan perasaan berharap untuk selalu diberi, tapi bertawakallah kepada-Nya maka lepaslah ketergantungan kita kepada orang lain. Pantang menjadi beban untuk orang lain dan berharap pemberian orang, tapi bertekadlah menjadi orang yang senantiasa memberi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s