Rumah KPR, Kontrakan, dan Rumah di Surga

Persamaan rumah KPR dan kontrakan adalah yang mendiami rumah tersebut sama-sama bukan pemilik rumah. Yang beli pakai KPR, bukti kepemilikan hak milik (SHM) masih ditahan oleh bank, dan akan diberikan jika sudah lunas. Sedangkan yang ngontrak, jelas rumah bukan miliknya.

Perbedaannnya adalah yang ngontrak bayar secara tunai (per tahun), selesai. Yang beli pakai KPR, pusing bayar cicilan, jangka waktu bisa sampai 15-20 tahun. Ditambah bunga riba sekian persen.

Mari kita renungkan doa Siti Asiyah, istri Firaun dalam Q.S At-Tahrim (66) ayat 11, Allah SWT berfirman:

وَضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا لِّـلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا امْرَاَتَ فِرْعَوْنَ ۘ  اِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِيْ عِنْدَكَ بَيْتًا فِى الْجَـنَّةِ وَنَجِّنِيْ مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهٖ وَنَجِّنِيْ مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ

“Dan Allah membuat perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, istri Fir’aun, ketika dia berkata, Ya Tuhanku, bangunkan lah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim”

Doa ini bisa juga kita dawamkan jika ingin Allah bangunkan rumah di surga, tanpa ngontrak dan tanpa KPR. Allah berikan sebagai bentuk karunia-NYA. Maka, bagaimana mungkin doa ini bisa dikabulkan jika ketika di dunia membeli rumah dengan cara KPR (kredit pakai riba), yang sudah jelas ancamannya neraka yang menyala-nyala?

Manusia hidup di dunia pada hakikatnya juga sebagai kontraktor (pengontrak). Segalanya milik Allah dan akan kembali kepada-Nya. Menumpuk-numpuk harta dan barang justru akan sangat merepotkan jika masa kontrak sudah habis. Maka, sebisa mungkin bekal yang dibawa adalah yang benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat. Tinggalkanlah bawaan yang akan menjadi beban.

Kehidupan di dunia juga tidak lama. Dunia hanya sementara sebagai tempat singgah, akhiratlah tempat kembali kita, selama-lamanya. Maka, jalan yang akan menyelamatkan adalah sebagaimana prinsip kontraktor: mempersedikit beban dan memperbanyak bekal.

1 thought on “Rumah KPR, Kontrakan, dan Rumah di Surga

  1. Pingback: Regrann from @rumahcantikidaman - #rumahcantikidaman Semoga terinspirasi by @linaizzati . Follow ju... - Desain Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s