Siapa Idolamu?

Siap-siaplah kecewa kalau idolamu hanya ‘manusia biasa’. Hari ini minta foto bareng lalu upload, besok hari minta hapus semua jejak digital. Hari ini adalah sosok yang dipuja-puji, esok lusa dijebloskan masuk jeruji. Hari ini adalah sosok yang tak bersinar, esok hari ingin nebeng tenar. Hari ini teriak dukungan, besok lusa tarik dukungan.

Allah SWT berfirman:

قُلِ اللّٰهُمَّ مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَآءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَآءُ ۖ  وَتُعِزُّ مَنْ تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَآءُ  ۗ  بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ  اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

“Katakanlah (Muhammad), Wahai Tuhan Pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 26)

Begitu kuasanya Allah membolak-balik hati dan menyibak yang ditutup-tutupi. Dan bersiaplah kecewa jika hati tidak disandarkan pada Allah. Kalau tidak begitu mengenal sosok si ‘manusia biasa’ itu, maka tidak perlulah berlebihan mengelu-elukannya.

Imam syafii mengatakan bahwa untuk benar-benar mengenali karakter seseorang, lakukanlah 3 hal ini:

  1. Menginaplah di rumahnya
  2. Bermuamalah (hubungan kerjasama) dengannya
  3. Berpergian bersamanya

Untuk melihat karakter aslinya, perhatikanlah ‘respon spontan’ atas suatu kejadian. Itulah aslinya. Apa sudah bener-bener mengenali si ‘manusia biasa’ itu?

Maka, dalam urusan memberi nama anak juga saya tidak mau mengambil nama dari para tokoh ‘manusia biasa’ yang belum terjamin surganya, belum jelas akhir hayatnya, dan tidak jelas keberpihakannya pada Islam. Karena nama adalah doa, dan dengan nama itu nanti masing-masing dipanggil hingga hari akhirat.

Sebisa mungkin cari idola dari Al-Quran dan generasi sahabat. Sebaik-baik inspirasi adalah dari Al Quran, dan sebaik-baik teladan adalah Rasulullah Muhammad saw, para sahabat, dan yang telah terjamin surganya. Jadikanlah inspirasi dan idola, maka tidak akan kecewa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s